Kurang Tidur? Lawan Kantung Mata!

Di dunia kerja, jam atau durasi kerja menjadi semakin fleksibel. Tidak ada kepastian mengenai kapan pekerjaan dimulai atau berakhir. Tidak heran banyak orang, baik pria maupun wanita, bekerja dengan jam kerja yang tidak teratur, kadang-kadang kurang dari 9 jam atau bahkan lebih dari 9 jam.

Ini memiliki dampak negatif baik pada kesehatan tubuh maupun kesehatan kulit. Menurut situs web kesehatan Alodokter.com, beberapa efek ini termasuk munculnya lingkaran hitam di bawah mata, penuaan kulit yang dipercepat, kulit kering, kulit kusam, jerawat dan komedo, dan memperburuk masalah kulit.

Salah satu efek yang sangat terlihat adalah munculnya kantung hitam di bawah mata. Lingkaran hitam ini disebabkan oleh kerusakan kolagen pada kulit wajah, yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap elastis. Akibatnya, kulit menjadi kendur dan menyebabkan efek gelap di sekitar kelopak mata.

Jurnal berjudul "Skin Collagen through the Lifestages: importance for Skin Health and Beauty" oleh David M. Reilly dan Jennifer Lozano membahas bagaimana ketika tingkat kolagen menurun, struktur kolagen menjadi lebih rapuh dan kering, menyebabkan dukungan struktural kulit yang melemah. Kulit kehilangan volume dan kekencangan, menjadi tipis dan berkerut.

Untuk mengatasi hal ini, banyak metode yang ada, seperti mengatur waktu tidur dan mencari produk perawatan pribadi yang dapat melindungi kolagen sambil meningkatkan penampilan. Salah satunya adalah produk perawatan kulit yang mengandung Vitamin K atau Phytonadion.

Dokter kulit Anar Mikhailov menjelaskan di situs Byrdie.com bahwa selain membantu dalam penggumpalan darah dan memar, vitamin K juga berperan dalam melindungi kolagen.

Vitamin K atau Phytonadion yang dikombinasikan dengan bahan lain, dapat membantu memperbaiki tanda-tanda penuaan yang terlihat. Menurut sebuah studi dari National Center for Biotechnology Information (NCBI), sebuah gel yang mengandung fitonadion (sejenis vitamin K1), retinol, dan vitamin C dan E diuji untuk kemampuannya mengurangi lingkaran hitam dan kerutan pada kelopak mata bawah.

Hampir setengah dari peserta studi melihat perubahan pada penampilan lingkaran hitam setelah delapan minggu. Beberapa pasien juga melihat perubahan kecil pada kerutan yang terlihat.

Bagi yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang bahan baku yang digunakan atau meminta formulasi, Anda dapat menanyakan melalui situs web kami di ptsml.id atau mengunjungi akun Instagram kami @ptsml_indonesia. #ptsmlIndonesia #bahanbaku #perawatandiri #kosmetik #VitaminK #perawatankulit #lingkarhitam