Langkah Kuat PT Sinergi Multi Lestarindo Tbk (SMLE) Kolaborasi dengan DOW Chemical

PT Sinergi Multi Lestarindo Tbk (SMLE) terus memperkuat posisinya sebagai distributor bahan baku khusus, terutama untuk industri kosmetika, dengan menjalin kerjasama strategis bersama Dow Chemicals.

Dow Chemicals atau sering disebut dengan Dow merupakan perusahaan kimia multinasional ang berpusat di Midland, Michigan, Amerika Serikat (AS) yang merupakan anak usaha dari Dow Inc. Perusahaan ini merupakan salah satu dari tiga produsen bahan kimia terbesar di dunia.

Kerjasama ini akan memungkinkan SMLE dapat menjalin lebih banyak kemitraan strategis, meningkatkan positioning, dan memperluas pangsa pasar, memperkuat eksistensinya sebagai distributor bahan baku terkemuka di Indonesia khususnya di sektor kosmetika.

Siu Min, Direktur Utama PT Sinergi Multi Lestarindo Tbk, menyatakan bahwa kerjasama ini diharapkan akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan bisnis Perseroan. Terutama untuk  meningkatkan volume penjualan di kosmetika khususnya bahan baku silikon, pengental atau thickener, dan surfaktan. Diprediksi kerjasama ini akan meningkatkan pertumbuhan pendapatan perusahaan sebesar 30% atau 70 miliar rupiah di tahun 2024 ini.

“Harapannya dengan kerjasama ini, bisnis SMLE akan semakin besar serta menghasilkan co-project yang lebih besar lagi. Terutama mereka memiliki konsep bisnis sustainability yang sangat kuat di produk bahan baku tersebut” Lanjut Siu Min.

Kandungan silikon pengental atau thickener dan surfaktan merupakan kandungan utama untuk membuat produk kosmetika pada umumnya seperti cleanser, make up, face care, fragrance, hair care, skin and body care dan suncare yang juga merupakan fokus produk yang telah dijalankan oleh SMLE selama ini.

Silikon kerap digunakan dalam produk perawatan kulit maupun kosmetik yang ditemukan dalam foundation, untuk memberikan sentuhan lembut pada kulit dan digunakan untuk memberikan efek pelindung dan kelembutan.  Pengental (Thickener) dalam produk kosmetika berfungsi untuk mengatur ketebalan atau viskositas produk, memastikan konsistensi yang diinginkan seperti lotion, krim, atau gel. Sementara Surfaktan banyak digunakan dalam produk-produk busa seperti busa pembersih yang dapat mengemulsi sehingga dapat menciptakan campuran minyak dan air yang lebih stabil.

Dow Chemical sebagai pemasok bahan baku personal care, dikenal dengan rekam jejak unggulnya. Mereka menonjol dalam inovasi produk dan menawarkan portofolio luas untuk berbagai kategori personal care. Dukungan teknis, layanan pelanggan responsif, dan fokus pada kualitas tinggi telah memperkuat hubungan mereka dengan pelanggan. Dow Chemical juga berkomitmen pada keberlanjutan, menjalin kemitraan strategis, dan terus melakukan riset dan pengembangan untuk tetap relevan di industri kosmetika.

Selama 50 tahun terakhir, Dow telah tumbuh bersama dan mendukung perkembangan sektor industri di Indonesia dengan menyediakan produk dan solusi material science yang inovatif, fokus kepada pelanggan, aman, dan berkelanjutan, dan telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1973. Secara global, Dow telah memiliki fasilitas produksi di 31 negara dan mempekerjakan sekitar 37.800 orang.

Selain itu portofolio Dow dalam bisnis plastik, bahan industri setengah jadi (intermediates), zat pelapis (coating), dan silikon, telah menghadirkan beragam produk serta solusi unik berdasarkan sains untuk para pelanggan di industri yang berkembang pesat, seperti pengemasan, infrastruktur, mobilitas serta aplikasi pada pelanggan.