Gandeng Dow Chemicals, Sinergi Multi (SMLE) Genjot Penjualan Kosmetik

PT Sinergi Multi Lestarindo Tbk (SMLE) melakukan kerja sama bisnis dengan perusahaan kimia asal Amerika Serikat, Dow Chemicals. Sinergi kedua entitas terbentuk setelah SMLE mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 10 Januari 2024.

Dow Chemicals, anak usaha Dow Inc, merupakan perusahaan kimia multinasional yang berpusat di Midland, Michigan, Amerika Serikat (AS). Korporasi ini merupakan salah satu dari tiga produsen bahan kimia terbesar di dunia.

"Kerja sama ini akan memungkinkan SMLE dapat menjalin lebih banyak kemitraan strategis, meningkatkan positioning, dan memperluas pangsa pasar, memperkuat eksistensinya sebagai distributor bahan baku terkemuka di Indonesia, khususnya di sektor kosmetika,” kata Direktur Utama SMLE, Siu Min di Jakarta, Selasa (16/1/2024).

Siu Min mengatakan, perseroan membidik pertumbuhan volume penjualan kosmetika khususnya bahan baku silikon, pengental atau thickener, dan surfaktan menyusul kerja sama ini.

Perseroan memprediksi, kerja sama ini akan meningkatkan pertumbuhan pendapatan perusahaan sebesar 30% atau Rp70 miliar di 2024.

“Harapannya dengan kerja sama ini, bisnis SMLE akan semakin besar serta menghasilkan co-project yang lebih besar lagi. Terutama mereka memiliki konsep bisnis sustainability yang sangat kuat di produk bahan baku tersebut,” papar Siu Min.

Kandungan silikon pengental atau thickener dan surfaktan merupakan kandungan utama untuk membuat produk kosmetika pada umumnya seperti cleanser, make up, face care, fragrance, hair care, skin and body care dan suncare yang juga merupakan fokus produk yang telah dijalankan oleh SMLE selama ini.

Sementara silikon kerap digunakan dalam produk perawatan kulit maupun kosmetik yang ditemukan dalam foundation, untuk memberikan sentuhan lembut pada kulit dan digunakan untuk memberikan efek.

Adapun pengental (thickener) dalam produk kosmetika berfungsi untuk mengatur ketebalan atau viskositas produk, memastikan konsistensi yang diinginkan seperti lotion, krim, atau gel. Sementara Surfaktan banyak digunakan dalam produk-produk busa seperti busa pembersih yang dapat mengemulsi sehingga dapat menciptakan campuran minyak dan air yang lebih stabil.

“Dow Chemical sebagai pemasok bahan baku personal care, dikenal dengan rekam jejak unggulnya. Mereka menonjol dalam inovasi produk dan menawarkan portofolio luas untuk berbagai kategori personal care. Dukungan teknis, layanan pelanggan responsif, dan fokus pada kualitas tinggi telah memperkuat hubungan mereka dengan pelanggan,” tukas Siu Min. 

Sumber: IDX Channel.com